Kepala BIN Sebut Panglima Besar Ormas Peta Punya Reputasi Buruk

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan adanya keterangan organisasi kemasyarakatan (ormas) Pembela Tanah Air (Peta). Ormas ini diketahui didirikan eks anggota TNI AD, Muhammad Saleh, yg mendeklarasikan diri sebagai Panglima Besar Peta.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso. Dia menyampaikan Muhammad Saleh memang pernah menjadi bagian dari TNI. Selain itu, menurutnya, semasa mengabdi di TNI, Saleh diketahui memiliki reputasi yg buruk.

“Itu memang benar, jadi dahulu itu dia seorang mayor, dan reputasinya kurang baik. Dia menobatkan diri sebagai panglima ormas Peta itu,” kata Sutiyoso di Gedung Kesenian Jakarta Jalan. Gedung Kesenian No. 1, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (28/1).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI ini menyebut, organisasi yg mengklaim mulai memperjuangkan hak-hak pribumi ini tak memiliki izin Kesbangpol atau Kemendagri.

“Dan mereka juga tak milik izin sebenarnya,” tegas Sutiyoso kepada merdeka.com.

Untuk diketahui, Muhammad Saleh sudah mengundurkan diri dari TNI AD sejak tahun 2012. Pangkat terakhirnya di TNI AD adalah Wakil Komandan Yonif 754 dengan pangkat Mayor Infantri.

Ormas ini dibentuk dengan tujuan bagi memperjuangkan hak-hak pribumi dan menentang hegemoni asing di Indonesia. Peta juga disebut menjadi wadah dua organisasi, sebut saja Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Pemuda Islam (GPI), Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB), Perserikatan Muslim Indonesia (LMI), Lembaga Muhammadiyah 1912, dan Komite Revolusi Agraria (KRA).

Salah sesuatu organisasi yakni LMI, diketahui menjadi organisasi pendukung ISIS. Salah sesuatu tokohnya, merupakan Afrian (Sekretaris LMI) yg sekaligus menjadi pengurus Peta. Peta juga dikabarkan mulai membuat rekrutmen dan pelatihan dasar terhadap 100 orang calon anggota pada tanggal 1-5 Maret 2016 mendatang. Salah sesuatu materi pelatihan tersebut adalah latihan fisik dan kemiliteran.
Sumber: http://www.merdeka.com



Sumber Artikel Kepala BIN Sebut Panglima Besar Ormas Peta Punya Reputasi Buruk

1 Response to "Kepala BIN Sebut Panglima Besar Ormas Peta Punya Reputasi Buruk"

  1. https://beritaendonesiabaru.blogspot.co.id/2016/01/dek-caca-menurut-tim-dan-kru-endank.html

    BalasHapus