Said Iqbal: Buruh Siap Berpolitik, Langkah Awal Bentuk Ormas

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Konfederasi Perkumpulan Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, kalangan buruh bersiap berpolitik dengan mengusung partai politik alternatif dalam pemilu mendatang.

“Polanya masih kalian cari, apakah dengan mendirikan partai baru atau mendukung salah sesuatu partai,” kata Said Iqbal dalam jumpa pers di sela-sela Kedap Kerja Nasional KSPI di Jakarta, Selasa (1/3/2016), seperti dikutip Antara.

Iqbal mengatakan, buruh yg berpolitik telah terjadi di dua negara dengan berbagai pola. Salah satunya dengan mendirikan partai politik seperti yg terjadi di Inggris.

Menurut dia, bila pun pola yg diambil adalah mengusung partai politik tertentu, maka buruh mulai bersikap independen meski tak netral.

“Buruh tetap independen dalam arti tak terikat dengan partai politik tertentu, tapi juga bukan berarti netral karena pasti mendukung partai tertentu,” tuturnya.

Sebagai langkah awal, Iqbal menyatakan, kalangan buruh sedang mempersiapkan pendirian organisasi masyarakat sebagai kendaraan politik. Namun, dia kembali menegaskan, organisasi masyarakat itu tak mulai menjadi “underbow” partai politik.

Menurut Iqbal, pembentukan organisasi masyarakat sebagai kendaraan politik itu tak cuma mulai dimotori oleh KSPI, tapi juga federasi, konfederasi dan elemen-elemen buruh yg lain.

“Saat ini kekuatan buruh belum terkonsolidasi. Kalangan buruh telah bersatu dan sepakat buat berpolitik,” ujarnya.
Sumber: http://ift.tt/1mmsIby



Sumber Artikel Said Iqbal: Buruh Siap Berpolitik, Langkah Awal Bentuk Ormas

0 Response to "Said Iqbal: Buruh Siap Berpolitik, Langkah Awal Bentuk Ormas"

Posting Komentar