Belum Tua Tapi Rambut Sudah Memutih, Mungkin Gen Ini Penyebabnya

Jakarta, Usia masih 20-an tetapi rambut telah memutih? Mungkin Anda kesal lantaran jadi kelihatan lebih tua. Gen ini mampu jadi penyebab rambut Anda yg memutih lebih cepat.

Adalah IRF4, gen yg mengatur pigmen melanin di dalam folikel rambut. Rambut berubah warna menjadi putih lantaran folikel secara bertahap kehabisan pigmen yg mampu memberikan warna rambut. Proses memutihnya rambut ini berbeda-beda pada masing-masing orang.

Ketika rambut memutih, seseorang dapat menutupinya dengan memakai cat rambut. Namun dengan ditemukannya gen yg membuat rambut memutih lebih cepat, di masa depan dapat dikerjakan manipulasi genetika. Dengan mengendalikan gen IRF4, maka rambut putih diharap mampu dihilangkan. Demikian dikutip dari BBC, Rabu (2/3/2016).

Ketua penelitian, Dr Kaustubh Adhikari dari University College London, menyebut peneliti sudah mengetahui dua gen yg terkait dengan kebotakan dan warna rambut. Akan tapi ini yaitu pertama kalinya gen penyebab rambut putih pada manusia diidentifikasi.

Baca juga: Penasaran Mengapa Manusia Menjadi Tua? Ini Klarifikasi Ilmiahnya

Dalam penelitiannya, peneliti mengumpulkan sampel lebih dari 6.000 relawan yg tinggal di lima negara Amerika Latin. Orang-orang tersebut menjadi fokus lantaran diyakini mampu mewakili percampuran latar belakang yg baik, ada orang Eropa yg biasanya memiliki rambut terang dan ikal, serta orang Amerika asli maupun Afro-Amerika dengan karakteristik rambut gelap dan lurus ataupun keriting.

Dijelaskan Adhikari, rambut mendapat warna dari pigmen yg diproduksi oleh sel yg disebut melanosit. Nah, melanosit ini ada di folikel yg yaitu akar rambut.

“Seriring dengan menuanya usia, melanosit berhenti memproduksi pigmen sehingga rambut kehilangan warna alaminya dan memutih,” terang Adhikari.

Para pakar meyakini selain faktor genetik, faktor lingkungan juga dapat menyumbang penuaan pada seseorang. Studi terkini menemukan faktor lingkungan bertanggung jawab pada 70 persen perkara memutihnya rambut. Sedangkan gen cuma bertanggung jawab pada sekitar 30 persen kasus, setidaknya pada kelompok orang Amerika Latin.

Baca juga: Stres Bikin Rambut Rontok dan Cepat Beruban, Mitos atau Fakta?

“Studi mengonformasi bahwa memutihnya rambut setidaknya diakibatkan karena gen dan lingkungan,” kata Dr Paradi Mirmirani, seorang dermatolog di Kaiser Permanente, California, dikutip dari CNN.

Apalagi dua bukti mengungkap stres dan merokok mampu meningkatkan risiko penuaan dini, tidak terkecuali pada memutihnya rambut yg lebih cepat. Tak hanya itu, polusi dan terlalu lama berada di bawah matahari pun dapat menyumbang penuaan dini.

Studi tersebut sudah dipublikasikan di Nature Communications.(vit/up)
Sumber: http://health.detik.com



Sumber Artikel Belum Tua Tapi Rambut Sudah Memutih, Mungkin Gen Ini Penyebabnya

0 Response to "Belum Tua Tapi Rambut Sudah Memutih, Mungkin Gen Ini Penyebabnya"

Posting Komentar