Bayi Muntah Setelah Minum ASI Perah, Apa Sebabnya?

Jakarta, Saya ibu bekerja yg dengan sangat terpaksa meninggalkan si kecil di rumah. Anak aku baru usia 3,5 bulan. Yang jadi permasalahan, aku khawatir sekali memberikan ASI perah soalnya dua kali anak aku muntah pada sore hari di ketika aku pulang kerja.

Apakah ASIP yg telah basi ya? ASIP terus aku simpan di freezer tak lebih dari 2 kali 24 jam. Dan apakah berbahaya untuk anak aku seandainya ASIP tersebut telah basi? Terimakasih jawabannya.

Maida (Wanita, 32 tahun)
tomilXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 153 cm, berat 53 kg

Jawaban

Sebelum memberikan ASI perah kepada bayi, sebaiknya pengasuh mencicipi terlebih dulu ASI perah tersebut. ASI perah yg basi umumnya bau dan rasanya berbeda dari ASI perah yg masih fresh. Jika bau dan rasanya telah berbeda, sebaiknya jangan diberikan kepada bayi.

Baca juga: Bayi 4 Bulan Hanya Diberi ASI dan Bobotnya 5,9 Kg, Idealkah?

Sebaiknya gunakan ASI perah yg paling baru (fresh) bagi diberikan kepada bayi dibandingkan dengan ASI perah yg telah dibekukan berhari-hari. Walaupun secara bau dan rasa tak jauh berbeda antara ASI perah yg masih fresh dan ASI perah yg telah dibekukan, tapi kualitas zat-zat hidup yg terkandung dalam ASI perah fresh lebih baik dibandingkan ASI perah yg telah dibekukan.

Baca juga: Sempat Berhenti Memberikan ASI, Bolehkah Menyusui Kembali?

Selain itu perlu diperhatikan juga kebersihan media pemberian ASI perah. Jika media pemberian ASI perah kurang bersih tentu mampu menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi. Hindari penggunaan botol dan dot dalam pemberian ASI perah. Selain sulit dibersihkan, seandainya dot dan botol dipanaskan berulang-ulang mulai melepaskan zat yg berbahaya bagi bayi.

Media pemberian ASI perah bisa diganti dengan memakai gelas atau cangkir, dan buat mempelajari bagaimana memberikan minum dengan gelas, sebaiknya pengasuh diajak ke klinik laktasi bagi latihan cupfeeding.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata, Depok
Ketua AKLII (Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia).
http://ift.tt/1NpGB52

(hrn/vit)
Sumber: http://health.detik.com



Sumber Artikel Bayi Muntah Setelah Minum ASI Perah, Apa Sebabnya?

0 Response to "Bayi Muntah Setelah Minum ASI Perah, Apa Sebabnya?"

Posting Komentar