‘Sakuri’ Cara Sederhana Dan Murah Meriah Untuk Deteksi Dini Kanker Kulit

Jakarta, Periksa payudara sendiri atau sadari dikerjakan buat mendeteksi dini kanker payudara. Nah, pada kanker kulit pun ada cara sederhana dan murah meriah yg dapat dikerjakan buat melakukan deteksi dini yakni sakuri alias pemeriksaan kulit sendiri.

Onkolog dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K) dari RS Cipto Mangunkusumo menyampaikan setidaknya, lakukan sakuri sebulan sekali. Sama seperti pada kanker payudara, sakuri bertujuan bagi melihat apakah ada lesi yg mencurigakan sehingga dapat dikerjakan pemeriksaan apakah lesi tersebut yaitu ciri kanker kulit atau bukan.

“Ya sebelum mandilah kalian lakukan pakai kaca besar gitu, kalian lihat di kulit kalian ini ada lesi apa nggak, terutama di bagian yg nggak ketahuan misalnya di ketiak, di bagian yg tertutup bra. Karena kan kalau di wajah terlihat ya, kalau di bagian seperti itu kan tidak jarang terabaikan,” kata dr Linda ketika ditemui di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Baca juga: Ilmuwan Ingatkan Kanker Kulit Mematikan Tampak Seperti Jerawat Biasa

Lesi sekecil apapun, menurut dr Linda perlu mendapat perhatian. Jika ketika melakukan sakuri ditemukan lesi, perhatikan lagi keadaan lesi di pemeriksaan selanjutnya. Selain lesi, gatal, benjolan, atau kulit yg kasar juga patut diperhatikan.

Saat melakukan sakuri, periksa bagian depan dan belakang tubuh memakai kaca besar. Kemudian, periksa bagian samping kanan dan kiri tubuh dengan kedua lengan dinaikkan. Lalu, tekuk siku dan cermati bagian dalam maupun luar lengan bawah, lengan atas, dan telapak tangan maupun punggung tangan.

dr Linda menambahkan, jangan lupa amati bagian luar dan dalam tungkai sampai ke kaki, termasuk telapak kaki dan sela-sela jari kaki. Selain itu, amati pula bagian belakang leher dan kulit kepala dengan bantuan cermin kecil.

“Saat melakukannya, jangan lupa sisihkan rambut bergantian agar area belakang dapat kelihatan jelas. Terakhir, periksa bagian punggung dan bokong dengan bantuan cermin kecil,” pungkas dr Linda.

Baca juga: Kecanduan Tanning Sejak Remaja, Lisa Kena Kanker Kulit di Usia 33 Tahun

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com



Sumber Artikel ‘Sakuri’ Cara Sederhana Dan Murah Meriah Untuk Deteksi Dini Kanker Kulit

0 Response to "‘Sakuri’ Cara Sederhana Dan Murah Meriah Untuk Deteksi Dini Kanker Kulit"

Posting Komentar